Saturday, June 4, 2011

stop bullying!

bullying! yap ngga asing bangetkan sama kata asing ini? sering nggasih denger kata 'bullying' atau 'bully? gue sih sering. bahkan di komikpun rata-rata ada yg namanya bullying. apa sih bullying itu? bullying itu terjadi jika seseorang merasa teraniaya, tersisihkan, terasingkan, dan merasa sendirian. bullying itu ngga cuma keliatan kalo udah main fisik aja. secara ngga langsung juga, dari cara bicara kita yg menyakiti seseorang, kita sudah termasuk mem-bully orang lain. wah gawat banget dong?! lidah kan ngga bertulang? berarti kita (mungkin) udah banyak mem-bully orang secara tidak sadar? karna itu, penting buat kita untuk menjaga lisan, karena lisan adalah awal dari sebuah masalah!


back to bullying. sikap bullying juga bermacam2 lho. nih macam2nya :


  • Psikologis. contohnya seperti memfitnah, menertawakan, mengejek, mempermalukan, menakut-nakuti, menghina, melecekan, mengancam, menyebar gosip, mencibir, dkk
  • Fisik seperti menendang, menempeleng, memukul, mencubit, menjotos, menjewer, lari keliling lapangan, push up, bersihkan WC, dan memalak.
  • Verbal seperti berteriak, meledek, mengata-ngatai, name calling, mengumpat, memarahi, dan memaki.
bullying perlu diperhatikan, karena tak ada yang tahu benar apakah seseorang terkena bullying atau ngga. karena yang mengetahuinya hanya orang itu dan pihak yang mem-bully. please deh! masih jaman ya hari gini main bully? We're friends! and always be! kenapa sih kita harus membully orang? apa pada ngga mikir, gimana rasanya dibully? sakit. kalo sakit atau luka secara fisik, masih mudah disembuhin. tapi kalo udah sakit hati? hati itu sensitif. banget. kalo sakit pasti perih banget. belum lagi trauma yg bakal dialami oleh korban bully tsb. ngga enak! emang kamu yang nge-bully ngerasa pasti bener sampe pd banget nge-bully anak orang?

udah deh. STOP BULLY FROM NOW



Thanks for reading annnnd see ya readers! 
with love

audrey 

0 comments:

Post a Comment

your thoughts gonna make my day :)
oh, and i do follow back, feel free to ask me. thank you.

 

Template by Suck my Lolly